10 cara SUKSES Ujian




1. Pahami materi yang kira2 akan keluar di Ujian nanti
Pasti guru akan ngasih tau sebelum ulangan apa saja yang akan keluar nanti.. tapi kalau misalnya UN biasanya sih nggak (emang nggak) jadi persiapkan aja materi yang kira2 belum kita pahami... buka2 buku2 pelajaran yang lama juga bagus banget... kalau ketemu apa yang nggak kita ngerti langsung tanyakan ke guru. pasti dia seneng banget kita bertanya... tapi kalau nggak berani karena guru nya killer mungkin... kita bisa minta bantuan kakak kita atau teman kita yang emang pintar banget dalam bidang mata pelajaran itu..

2. Sugesti kalau kita lebih pintar dari yang buat soal (hihi)
Dulu pas mau UN, saya ingat banget saya waktu itu UN SMP tanggal 25 april 2010. Sebelum tanggal 25 tuh saya nervous dan udah ngebayangin yang nggak-nggak... saya ngebayangin gimana kalau saya nggak lulus? atau gimana kalau saya lulus tapi NEM saya jelek dan harus masuk ke Sekolah swasta dengan mutu jelek? haduuuh buang jauh-jauh deh kekhawatiran itu... karena perasaan kalut dan cemas seperti tadi cuman akan menjadi penghalang kita untuk berkonsentrasi dan otomatis akan nge-down duluan.. kalau kita udah nge-down kita nggak akan punya semangat untuk menghadapi ujian itu.. jadi waktu itu saya mencoba mengalihkan kekhawatiran saya dengan mensugesti dalam hati "Aaah pinteran juga gue dari pada yang buat soal" haha songong dikit nggak apa2 kan guys? wkwkwk

3. Tidur yang cukup dan teratur
Naah yang ini penting banget nih.. dengan tidur teratur dan cukup maka oksigen ke otak kita juga jadi lancar.. jadi pas ujian nanti otak kita akan lancar mengingat apa yang telah kita pelajari sebelumnya.

4. Jaga suasana Hati untuk tetap Gembira
Percaya nggak percaya Suasana hati kita itu dapat mempengaruhi kerja otak kita loh... kalau kita emosi otomatis otak kita juga nggak bisa berfikir jernih.. untuk itu lupakan deh segala hal atau permusuhan antar teman atau kalau emang dimarahin terus sama orangtua dirumah coba berfikir dulu apa alasan mereka marah-marah dan coba terima kalau memang kita salah

5. Buat Belajar Itu Jadi Hal yg Menyenangkan Bukannya Membosankan
Naah inisih hal utamanya yaitu Belajar... Jangan menjadikan belajar itu sebagai suatu keterpaksaan dan membosankan untuk kita kerjakan.. tapi jadikan si Belajar ini sebagai suatu permainan yang akan membuahkan hadiah untuk kita nanti... belajar nggak perlu sampai 3jam kalau memang membosankan.. kita bisa belajar 1 jam biar lebih asik lagi lakukan sambil mendengarkan musik yang kita suka.

6. Siapkan alat 'perang' secara lengkap
Naah berhubung kita mau perang sama soal2 ujian otomatis alat 'perang' nya harus lengkap dong... kan nggak lucu kalau kita pinjam pensil atau apapun itu sama teman kita... "nggak modal banget"  kalau keseringan pengawas nanti bisa mencurigai kita yang nggak2 lo.. kalau udah diawasi kan nggak nyaman lagi ngerjain nya..

7. Usahakan untuk nggak lupa sarapan pagi
Waktu itu saya pernah waktu UN saya lupa sarapan karena kebetulan hari itu jadwalnya matematika, jadi saya benar2 nggak memikirkan hal yang lain kecuali "NGAFALIN RUMUS" meskipun mama udah bawel nyuruh sarapan eh saya tetap bablas berangkat kesekolah dengan maksud mau nanyain salah satu materi yang nggak saya pahami sama teman saya yang memang pintar banget... ehh sampai disekolah semuanya malah berantakan saya jadi laper 1/2 mati... karena takut nanti ngeganggu saya pas ulangan saya langsung makan dikantin sekolah dan benar saja saya bisa ngerjain dengan konsen abis itu... dan alhasil nilai matematika saya 9.9 hehe hampir 100 kan? :D #sombong wkwkwk

8. Jangan Percaya Contekan
Pas saya UN SMP dulu teman2 saya beberapa ada yang mengandalkan contekan yang entah mereka dapat dari mana... jumlah mereka sih sedikit tapi mereka menawari ke yang lain untuk mencotek juga.. tapi saya merasa kemampuan saya lebih baik dari si yang buat contekan itu..tapi akhirnya karena ragu teman2 saya jadi pada nggak jadi pake contekan itu akhirnya kenyataan nya nilai mereka lebih bagus dari contekan itu yang ternyata nggak semuanya benar alias lebih banyak yang meleset... kan nggak lucu kalau kita nggak lulus gara2 selembar kertas contekkan? haduuh please deeh..

9. Jaga Kesehatan
wahh udah gawat deh urusannya kalau kita sakit pas hari H ulangan... kepala pusing,lemas,nggak bisa konsentrasi.. wahduh bisa2 nilai kita langsung drop tuh.. nah kalau sudah tau mau ulangan dari jauh2 hari kita harus memperhatikan benar2 pola makan dan perbanyak olahraga.. kalau mulai ada gejala2 jangan malas buat disiplin minum obat ya..

10. Ibadah dan berdoa untuk kelancaran Ujian
kalau ini sih harus... jangan lupa untuk beribadah dan berdoa sama yang diatas... karena gimanapun ang menentukan adalah Allah... :) buat para muslim lebih bagus lagi kalau kita Puasa senin kamis... :) mempersiapkan nazar juga nggak ada salahnya...

oke itu aja yang bisa saya share... intinya semuanya itu tergantung niatnya guys... udah cukup lah kita main2 nya... itu juga demi masa depan kita kan... nggak mungkin langsung abrakadbra kita jadi profesor..
Semangat ya yang sedikit lagi UN :) semoga lulussss :)

Comments

Popular Posts