Membuat baterai dari kentang


Dewasa ini kebutuhan akan energi semakin meningkat. Namun seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan energi tersebut tidak diimbangi dengan meningkatnya sumber energi. Sebagian besar sumber energi yang kita gunakan adalah berasal dari matahari dan fosil (minyak). Ironisnya sumber energi listrikpun dihasilkan dengan bantuan minyak bumi.
Sekarang sumber energi fosil sudah semakin menipis. Kita perlu memikirkan sumber energi lain. Disekolah-sekolah sudah mulai diajarkan bagaimana mencari sumber energi lain, salah satunya adalah menghasilkan energi listrik dari kentang. Berikut ini adalah cara membuat betere dari kentang.


Bahan :
1. Sebuah kentang segar (sebaiknya dengan ukuran yang besar).
2. Kawat tembaga sepanjang 6 cm.
3. Kawat seng sepanjang 6 cm.
4. Speaker kecil (bisa menggunakan speaker telepon, atau speaker kecil lainnya).
Cara kerja :
1. Tusukan kawat tembaga dan kawat seng ke kentang. Sisakan sekitar 1 cm.
2. Diamkan beberapa saat.
3. Ambil speaker telpon dan hubungkan dengan kawat tembaga dan seng tadi. (lebih mudah jika menggunakan kabel)
Jika kedua kawat tesebut telah dihubungkan, maka akan terdengar suara berdetak. Suara ini ditimbulkan dari arus listrik dari kentang. Seperti halnya batere, kentang itupun menghasilkan arus listrik walaupun sangat kecil, ini bisa kalian coba dengan mengganti speaker dengan bohlam kecil yang biasa digunakan pada lampu senter.
Getah kentang akan mempengaruhi kawat secara kimiawi, dan dalam prosesnya menghasilkan arus listrik. Ini disebut dengan elemen galvani, karena yang pertama kali menemukan proses ini adalah seorang Italia bernama Galvani pada tahun 1789.
Selamat Mencoba.

Comments

Popular Posts